September 15, 2023

6 Manfaat SEO untuk Bisnis: Kunci Memenangkan Persaingan

Bagian
manfaat seo pada bisnis

Mungkin Anda sudah pernah mendengar mengenai istilah SEO sebelumnya, terlebih jika Anda berkecimpung di dunia digital marketing.

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode sistematis untuk mengoptimalkan visibilitas perusahaan di platform mesin pencari, seperti Google.

Metode ini seringkali menjadi strategi andalan bagi pemasar dan juga pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau jasanya. Hal ini dikarenakan, biaya yang dikeluarkan relatif tidak begitu besar. Berbeda dengan iklan yang memakan banyak biaya di awal.

Penerapan SEO tidak terbatas pada industri atau bidang usaha tertentu saja. Selain teknologi dan informasi, bidang seperti retail, manufaktur, kesehatan, hukum, hingga pertanian pun dapat memanfaatkan metode ini.

Dengan beberapa fakta di atas, merupakan sebuah kerugian jika pebisnis atau perusahaan belum memanfaatkan salah satu teknik digital marketing ini.

Agar lebih jelas mengenai dampak yang bisa diberikan, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa manfaat SEO untuk bisnis yang dapat meningkatkan peluang untuk memenangkan persaingan.

 

 

  1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Mengoptimalkan SEO berarti meningkatkan peluang halaman kita untuk muncul di search engine. Semakin sering muncul tentunya membuat visibilitas perusahaan meningkat di medium digital.

Ini merupakan implikasi yang sangat menguntungkan bisnis. Di mana business owner tidak perlu mengeluarkan budget untuk ads agar bisa tampil di halaman mesin pencari.

Cukup dengan memaksimalkan SEO, brand awareness perusahaan pun dapat meningkat.

 

  1. Peluang untuk Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

seo untuk kredibilitas
Photo by Microsoft Edge on Unsplash

 

Saat menggunakan search engine, biasanya seseorang sedang mencari informasi atau jawaban atas masalah yang sedang mereka hadapi. Di sinilah peluang bagi bisnis untuk muncul dan menjawab permasalahan tersebut dan menyelesaikan ketidaktahuan mereka.

Orang-orang yang mendapatkan jawaban di laman mesin pencari, seiring waktu, akan mulai mengakui kredibilitas dari si pemberi informasi (dalam hal ini perusahaan yang muncul di search engine).

Misalnya, perusahaan Abadi Konstruksi memiliki banyak artikel yang berisikan tips ataupun menjawab permasalahan terkait konstruksi. Ditambah, artikel-artikel tersebut muncul di halaman pencarian Google untuk terms pencarian terkait konstruksi.

Atas dasar tersebut, wajar jika orang-orang mengakui kredibilitas dari Abadi Konstruksi terkait permasalahan bangunan ataupun konstruksi.

 

  1. Memenangkan Persaingan Atas Brand Besar

Pemetaan persaingan di lingkup online tidak melulu tercermin dari persaingan real atau offline-nya. Perusahaan yang memiliki nama besar belum tentu sudah mengoptimalkan SEO.

Hal ini disebabkan karena nama besar atau brand yang sudah established bukan merupakan faktor yang signifikan terhadap performa di search engine. Masih banyak faktor lainnya yang dapat menunjang visibilitas online perusahaan.

Ini menjadi peluang bagi bisnis skala kecil maupun menengah, untuk dapat menggeser ‘hegemoni’ para brand besar, setidaknya di ranah online.

 

  1. Sebagai Metode Penghasil Leads

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa bisnis yang memanfaatkan SEO memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan yang tidak.

Halaman-halaman yang muncul di posisi atas mesin pencari Google dapat menjawab informasi dan juga memenuhi kebutuhan si pencari, yang sangat berpeluang menjadi prospek atau leads.

Ini menjadikan kanal organik seperti SEO sebagai salah satu penghasil utama dalam leads generation.

Tentu, search engine optimization perlu dilakukan secara konsisten, karena memang metode ini merupakan usaha jangka panjang dalam usaha pencarian leads.

Walaupun tidak seperti paid advertising yang memberikan hasil instan, namun SEO tetap worth it jika terus dilakukan karena dapat menghasilkan ROI yang lebih tinggi.

 

  1. Dapat Menjangkau Pasar Lokal (Local SEO)

local seo
Photo by henry perks on Unsplash

 

Manfaat SEO untuk bisnis selanjutnya adalah metode ini dapat menjangkau pasar lokal. Apa maksudnya? 

Platform mesin pencari dapat menampilkan produk atau jasa yang ada di daerah tersebut, yang memberikan konsumen peluang untuk datang dan bertransaksi secara langsung.

Contohnya, terdapat jasa grooming hewan berama Puppies yang memiliki cakupan layanan di kota Surabaya.

Kebetulan, Puppies menduduki peringkat teratas di search engine pada kata kunci “jasa grooming hewan surabaya”.

Hal ini memberikan keunggulan bagi Puppies, yang tidak didapatkan jasa grooming lainnya, karena perbedaan cakupan wilayah dan juga performa SEO di kata kunci lokal.

Itu adalah salah satu contoh manfaat SEO bagi bisnis lokal.

 

  1. Meningkatkan Traffic ke Website

Penerapan SEO yang optimal ditandai dengan munculnya banyak halaman bisnis di peringkat atas pencarian Google. Sudah sepatutnya jika orang-orang cenderung mengklik halaman yang berada di bagian atas ketimbang bagian di bawahnya. 

Hal ini didukung riset yang dilakukan Backlinko, yang mengklaim bahwa tiga peringkat teratas pada halaman pencarian Google mendapat 54,4% porsi klik dari total keseluruhan klik.

Maka, sudah sewajarnya jika bisnis yang sudah memanfaatkan SEO mendapatkan traffic website yang lebih banyak daripada yang tidak.

 

Itulah tadi beberapa manfaat SEO yang bisa didapatkan oleh perusahaan atau bisnis. Sebuah kerugian jika aktivitas pemasaran pada bisnis Anda belum menerapkan SEO. 

Perusahaan yang sudah memanfaatkannya berpeluang untuk meningkatkan brand awareness, menunjukkan kredibilitas hingga mendatangkan prospek yang relevan.

Tapi, apakah Anda masih bingung bagaimana menerapkan SEO di bisnis Anda? Silahkan hubungi kami di halaman ini, konsultan kami akan memberikan pemahaman dan panduan tentang bagaimana menerapkan SEO secara maksimal.

Semoga informasi dapat bermanfaat bagi bisnis Anda!