Juni 18, 2024

6 Manfaat SEO untuk Bisnis: Kunci Memenangkan Persaingan

Bagian
manfaat seo pada bisnis

Mungkin Anda belum familiar dengan istilah ‘SEO’. Hal tersebut tentu dapat termaklumi, terlebih jika Anda tidak pernah bersinggungan dengan dunia digital marketing.

Terminologi ini begitu lekat di telinga beberapa kelompok orang. Di antaranya yaitu kalangan blogger, media publisher dan tentunya, praktisi digital marketing.

Ya, jika Anda bukan merupakan salah satu kelompok tersebut, wajar jika Anda merasa asing dengan istilah SEO.

Di artikel ini, mari kita reduksi ketidaktahuan kita akan salah satu teknik digital marketing ini.

Selain itu, kita juga akan menilik manfaat SEO untuk bisnis.

 

 

Apa yang Dimaksud dengan SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode sistematis untuk mengoptimalkan visibilitas website—biasanya dimiliki oleh suatu entitas atau perusahaan—di platform mesin pencari, seperti Google.

Metode ini seringkali menjadi strategi andalan bagi pemasar dan juga pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau jasanya secara online.

Hal ini dikarenakan, biaya yang dikeluarkan relatif tidak begitu besar. Berbeda dengan iklan (programmatic ads, pay per click ads, dll) yang memakan banyak biaya di awal.

Penerapan SEO tidak terbatas pada industri atau bidang usaha tertentu saja. Selain teknologi dan informasi, bidang perusahaan seperti retail, manufaktur, kesehatan, hukum, hingga agrikultur pun dapat mengutilisasi metode ini.

Dengan beberapa fakta di atas, merupakan sebuah kerugian jika pebisnis atau perusahaan belum memanfaatkan salah satu teknik optimasi web ini.

 

Manfaat SEO untuk Bisnis

Agar lebih jelas mengenai dampak yang bisa diberikan, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa manfaat SEO untuk bisnis yang dapat meningkatkan peluang untuk memenangkan persaingan di ranah online.

 

  1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Mengoptimalkan SEO berarti meningkatkan peluang suatu website untuk muncul di halaman pencarian search engine. Semakin sering muncul tentunya membuat visibilitas perusahaan meningkat di medium digital.

Ini merupakan implikasi yang sangat menguntungkan bisnis. Di mana business owner tidak perlu mengeluarkan budget untuk ads (pay per click ads) agar bisa tampil di halaman mesin pencari.

Cukup dengan memaksimalkan SEO, brand awareness perusahaan pun dapat meningkat.

 

  1. Peluang untuk Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

seo untuk kredibilitas
Photo by Microsoft Edge on Unsplash

 

Saat menggunakan search engine, biasanya seseorang sedang mencari informasi atau jawaban atas masalah yang sedang mereka hadapi.

Di sinilah peluang bagi bisnis untuk muncul dan menjawab permasalahan tersebut dan memberi solusi atas ketidaktahuan mereka.

Orang-orang yang mendapatkan jawaban di laman mesin pencari, seiring waktu, akan mulai mengakui kredibilitas dari si pemberi informasi (dalam hal ini perusahaan yang muncul di search engine).

Misalnya, perusahaan kontraktor bernama Abadi Konstruksi memiliki banyak artikel yang berisikan tips ataupun menjawab permasalahan konstruksi rumah tangga.

Ditambah, artikel-artikel tersebut muncul di halaman pencarian Google untuk terms pencarian terkait konstruksi.

Atas dasar tersebut, sudah sewajarnya jika orang-orang mengakui kredibilitas dari Abadi Konstruksi terkait permasalahan bangunan ataupun konstruksi.

 

  1. Memenangkan Persaingan Atas Brand Besar

Pemetaan kompetisi di lingkup online tidak melulu tercermin dari persaingan aktualnya (nondaring).

Perusahaan yang memiliki nama besar belum tentu menempati urutan teratas dalam persaingan di mesin pencari.

Hal ini disebabkan karena nama besar atau brand yang sudah established bukan merupakan faktor yang signifikan—walaupun itu menjadi modal awal yang bagus—terhadap performa di search engine.

Masih banyak faktor lainnya yang dapat menunjang visibilitas online perusahaan.

Ini menjadi peluang bagi bisnis skala kecil maupun menengah, untuk dapat menggeser hegemoni para brand besar, setidaknya di ranah online.

 

  1. Sebagai Metode Penghasil Prospek

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa bisnis yang memanfaatkan SEO memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan yang tidak.

Halaman-halaman yang muncul di posisi atas mesin pencari Google dapat menjawab informasi dan juga memenuhi kebutuhan si pencari, yang sangat berpeluang menjadi prospek atau leads.

Ini menjadikan kanal organik seperti search engine milik Google sebagai salah satu sumber utama datangnya prospek dalam usaha leads generation.

Tentu, search engine optimization perlu dilakukan secara sistematis dan konsisten, karena memang metode ini merupakan usaha jangka panjang dalam usaha mendatangkan leads.

Walaupun tidak seperti paid advertising yang memberikan hasil instan, namun SEO tetap worth it jika terus diterapkan karena dapat menghasilkan ROI yang lebih tinggi.

 

  1. Dapat Menjangkau Pasar Lokal (Local SEO)

local seo
Photo by henry perks on Unsplash

 

Manfaat SEO untuk bisnis selanjutnya adalah metode ini dapat menjangkau pasar lokal. Apa maksudnya? 

Platform mesin pencari dapat menampilkan produk atau jasa yang ada di daerah tersebut, memberikan konsumen peluang untuk datang dan bertransaksi secara langsung.

Contohnya, terdapat jasa grooming hewan berama Puppies yang memiliki cakupan layanan di kota Surabaya.

Kebetulan, Puppies menduduki peringkat teratas di search engine pada kata kunci “jasa grooming hewan surabaya”.

Hal ini memberikan keunggulan bagi Puppies, yang tidak dimiliki jasa grooming lainnya, karena perbedaan cakupan wilayah dan juga performa SEO di kata kunci lokal.

 

  1. Meningkatkan Traffic ke Website

Penerapan SEO yang optimal ditandai dengan munculnya halaman website di peringkat atas pencarian Google. Sudah sepatutnya jika orang-orang cenderung mengklik halaman yang berada di bagian atas ketimbang bagian di bawahnya. 

Hal ini didukung riset yang dilakukan oleh Backlinko, yang mengklaim bahwa tiga peringkat teratas pada halaman pencarian Google mendapat 54,4% porsi klik dari total keseluruhan klik yang ada.

Maka, sudah sepantasnya jika bisnis yang telah memanfaatkan SEO mendapatkan kunjungan website yang lebih banyak daripada yang tidak.

 

Itulah tadi beberapa manfaat SEO yang bisa didapatkan oleh perusahaan atau bisnis. Sebuah kerugian jika search engine optimization tidak ada dalam daftar strategi yang diformulasikan oleh tim marketing Anda.

Perusahaan yang sudah menerapkannya berpeluang untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Seperti peningkatan brand awareness, dapat menunjukkan kredibilitas atas keahliannya, dan dapat mendatangkan prospek yang relevan.

Tentu, metode ini tidak umum untuk dilakukan pelaku bisnis pada umumnya.

Namun, jika pasar bisnis Anda adalah populasi yang terbiasa mengetikkan ketidaktahuan dan kebutuhannya di kolom mesin pencari, maka sudah selayaknya untuk Anda coba terapkan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi bisnis Anda!

 

Jika butuh penjelasan lebih lanjut mengenai penerapan SEO untuk bisnis Anda, silahkan hubungi kontak berikut.

Author: