Februari 18, 2023

Ingin Membuat Iklan Facebook Ads? Ini Dia Langkah-langkahnya!

Bagian
cara membuat facebook ads

Membuat iklan atau beriklan merupakan salah satu strategi marketing yang paling banyak digunakan dan juga paling efektif untuk meningkatkan penjualan.

Terbukti, hingga saat ini teknik beriklan masih digunakan oleh hampir semua pelaku bisnis di dunia, termasuk di era digital seperti saat ini. Bedanya, di era digital seperti sekarang ini, platform beriklan semakin banyak dan bervariasi. 

Salah satu yang terkenal dan sering digunakan, yaitu Facebook Ads.

Nah, jika Anda ingin mengetahui cara membuat Facebook Ads dari awal sampai akhir, maka kedatangan Anda ke sini sudah sangat tepat.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai langkah atau cara membuat iklan di Facebook dengan cepat dan mudah. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Langkah-langkah Membuat Facebook Ads

Perhatikan beberapa step di bawah ini, supaya Anda berhasil dalam membuat Facebook Ads untuk bisnis Anda, diantaranya:

 

1. Persiapkan Facebook Page untuk Dikelola

Jika belum memiliki Facebook Page, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Kunjungi dan buka Facebook Page, lalu buat halaman.
  • Setelah itu, pilih jenis halaman yang diinginkan: Bisnis atau Merek, dan Komunitas atau Tokoh Masyarakat. Lalu, klik Memulai.
  • Selanjutnya, isi profil halaman Facebook yang Anda buat tadi. Umumnya, isi nama halaman, kategori bisnis, dan juga deskripsi halaman tersebut.
  • Setelah mengisi data-data di atas, selanjutnya upload foto profil dan juga foto sampul dari halaman Facebook Anda. Hal ini bertujuan untuk terlihat profesional dan lebih dipercaya oleh pengunjung.
  • Terakhir, pastikan Anda mencantumkan email, kontak personal, website, tombol CTA, hingga alamat, agar memudahkan user dalam menghubungi Anda. Selesai!

 

2. Masuk ke Bagian Meta Business Suite

 

facebook page menu
Klik menu Meta Business Suite

 

Begitu Anda selesai atau telah memiliki Facebook Page. Maka, selanjutnya Anda perlu masuk ke bagian Meta Business Suite. Anda bisa mengakses Meta Business Suite dengan membuka halaman page Facebook Anda yang berada di tab sebelah kiri layar Anda.

 

3. Pilih Menu Ads Manager di dalam Meta Business Suite

Setelah Anda masuk ke halaman Meta Business Suite, cari ikon yang berbentuk garis tiga dengan tulisan All tools.

 

menu all tools meta business

 

 

Lalu pada bagian Advertise, cari dan pilih menu Ads Manager. Nantinya Facebook akan secara otomatis membawa Anda pada halaman baru yang secara khusus ditujukan untuk membuat kampanye iklan.

 

menu ads manager

 

4. Kenali Jenis Ads yang Tersedia

Di dalam Ads Manager, ada sebuah dashboard yang berguna untuk membuat ataupun mengelola iklan yang ada. Ada 3 jenis menu yang tertera di dalamnya, yakni Campaigns, Ad Sets, dan Ads

 

dashboard ads manager
dashboard fb ads manager

 

Berikut penjelasan singkat dari masing-masing jenis:

  • Campaign : goals utama yang ingin dicapai melalui kumpulan Ad Sets, misal meningkatkan engagement
  • Ad Sets : kumpulan dari banyak Ads yang ditujukan untuk meraih goal campaign. Berisikan pengaturan promosi iklan, seperti target audiens, penempatan, hingga budget.
  • Ads : iklan yang akan dilihat oleh target audiens Anda.

 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Facebook Ads?

 

5. Buat dan Pilih Tujuan Campaign

Setelah mengetahui penjelasan dari masing-masing menu. Langkah selanjutnya yaitu membuat campaign iklan baru untuk keperluan bisnis Anda.

Tekan tombol Create yang berada di pojok kiri atas fb ads dashboard, lalu pilih objektif dari campaign yang akan dibuat. Sejatinya, terdapat 6 jenis objektif campaign yang bisa Anda pilih, diantaranya:

 

campaign objective
campaign objective

 

  • Awareness : Digunakan apabila Anda ingin meningkatkan reach, brand awareness, hingga store location awareness.
  • Traffic : Digunakan untuk mengarahkan orang ke tempat yang Anda inginkan, seperti website, blog perusahaan, event, Whatsapp, dll
  • Engagement : Digunakan apabila Anda ingin meningkatkan interaksi antara audiens dengan perusahaan/bisnis Anda, seperti komentar di postingan perusahaan.
  • Leads : Digunakan untuk meningkatkan dan mengumpulkan data prospek perusahaan, misalnya melalui pengisian kontak form.
  • App Promotion : Digunakan untuk membuat orang-orang menginstall aplikasi milik Anda, ataupun melakukan pembelian di dalam aplikasi tersebut.
  • Sales : Digunakan untuk meningkatkan penjualan perusahaan, baik produk maupun jasa.

 

6. Buat Ad Sets

Langkah selanjutnya yaitu membuat Ad Sets. Caranya mudah, Anda hanya perlu pergi ke tab Ad Sets, lalu masukkan nama Ad Sets yang Anda inginkan. 

Anda bisa melakukan kustomisasi terhadap Ad Sets, diantaranya:

  • Conversion Location : Berguna untuk memilih dimana Anda ingin meningkatkan engagement dengan para target audiens, seperti di website, aplikasi, facebook page, atau di iklan itu sendiri.
  • Ad Type : Anda bisa memilih satu dari dua pilihan tipe yang tersedia, baik itu Click to Message atau Sponsored Message.
  • Facebook Page : Jika memiliki lebih dari satu Facebook Page, maka Anda dapat halaman mana yang ingin Anda gunakan pada iklan tersebut
  • Messaging Apps : Berguna untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang mengklik iklan Anda. Semakin banyak aplikasi yang pilih, semakin besar juga peluang untuk menjangkau banyak orang.
  • Optimization for Ad Delivery : Terdapat dua pilihan, yaitu Link Clicks dan Conversations. Jika Anda memilih Conversations, maka iklan akan ditampilkan ke orang-orang yang kemungkinan besar melakukan percakapan dengan Anda.
  • Budget & Schedule : Berguna untuk mengatur budget yang akan Anda keluarkan dalam memasang iklan. Anda bisa mengaturnya baik secara perhari, maupun sepanjang campaign berjalan. Sedangkan Schedule berguna untuk menentukan lamanya durasi iklan atau campaign.

 

budgeting pada ad set

 

  • Audience : Pada kolom ini, Anda dapat mengatur kriteria orang-orang yang dapat melihat iklan atau campaign Anda, mulai dari umur, gender, lokasi, hingga bahasa yang mereka gunakan.
  • Placements : Pada bagian placement, Anda dapat mengatur dimana saja iklan atau campaign yang Anda buat akan muncul. Anda dapat mengaturnya secara manual, ataupun membiarkan Facebook yang mengaturnya untuk Anda. Sebagai contoh, jika Anda memutuskan untuk mengaturnya secara manual, maka Anda dapat memilih dimana iklan tersebut muncul dan seperti apa bentuknya, misalnya reels, story, feed, artikel, ataupun di pencarian

 

7. Buat Ads

Terakhir yaitu membuat Ads. Caranya serupa dengan membuat Ad Sets. Buka tab Ads, lalu klik Create, lalu berikan nama pada iklan yang akan Anda buat.

Jika sudah, lakukan kustomisasi pada bagian-bagian yang harus diisi, seperti:

  • Identity : Berkaitan dengan halaman dan juga akun media sosial yang akan ditampilkan oleh iklan tersebut.
  • Ad Setup : di sini Anda dapat memilih format iklan yang ingin ditampilkan, seperti satu gambar atau video, berbentuk slideshow, maupun berbentuk carousel.
  • Ad Creative : Pada bagian ini Anda dapat mengatur tampilan dari iklan yang akan Anda tampilkan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan media, berupa gambar atau video, hingga tombol CTA (Click to Action).
  • Message Template : Sesuai namanya, bagian ini berguna untuk membuat template pesan, ketika seseorang mengklik iklan Anda.’
  • Tracking : Terakhir yaitu bagian tracking, yang berguna untuk membantu dan memudahkan Anda dalam memantau performa dari iklan yang sudah Anda buat.

 

8. Publish dan Selesai

Jika Anda sudah mengikuti semua langkah-langkah di atas. Maka, hal terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu mengklik Publish dan memasukan metode pembayaran, apabila Anda belum melakukannya di awal.

Ikuti semua prosesnya hingga selesai, dan iklan Anda pun akan muncul sesuai dengan pengaturan yang telah Anda buat.

 

Mudahkan Pembuatan dan Pengelolaan Facebook Ads dengan Cassandra!

Membuat dan mengatur iklan menggunakan Facebook Ads memang terbilang cukup mudah dan cepat untuk dilakukan. Meskipun begitu, tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik dan benar.

Diperlukan kesabaran dan ketelitian, agar iklan yang ditampilkan nantinya, sesuai dengan keinginan kita.

Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam menerapkannya. Tidak perlu khawatir! 

Cassandra hadir untuk membantu Anda dalam membuat dan menyusun strategi pembuatan Ads dengan tepat dan profesional, termasuk pembuatan Facebook Ads.

Kerennya, kami akan menangani proses pembuatan Ads dari awal hingga akhir. Sehingga, Anda hanya perlu menerima hasil dan juga laporan dari Ads yang telah dibuat. 

Mudah, bukan? Percayakan jasa iklan facebook ads dari Cassandra sekarang juga!

 

Sekian pembahasan mengenai cara membuat iklan di Facebook. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, terutama bagi yang ingin memulai menggunakan Facebook Ads. Sampai jumpa!

 

Penulis: Geraldy Valentino

Post Tags : 

Share :