Februari 15, 2023

Kenali Facebook Ads untuk Tingkatkan Profit dari Iklan!

Bagian
apa itu facebook ads

Seperti yang kita semua sudah pahami dan ketahui, sda banyak sekali medium untuk meningkatkan atau mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

Salah satu cara meningkatkan bisnis yang efektif dan efisien, yakni dengan melakukan strategi ads atau advertising (periklanan).

Dilansir dari Yelp, ads atau periklanan merupakan investasi utama pada sebuah bisnis, terlepas seberapa besar skala bisnis Anda. Tak hanya itu, perusahaan di seluruh dunia mengalokasikan dana lebih dari 600 miliar USD per tahun hanya untuk advertising.

Berbicara tentang iklan/ads, saat ini ada banyak platform yang dapat Anda gunakan dalam beriklan, salah satunya Facebook Ads yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Di dalam artikel ini, Anda akan mempelajari dan mengetahui mengenai apa itu Facebook Ads, alasan harus menggunakannya, jenis, hingga formatnya.

Mari, kita simak bersama-sama di bawah ini!

 

 

Apa Itu Facebook Ads?

Sesuai dengan namanya, Facebook Ads adalah salah satu platform pemasangan iklan yang dikemukakan oleh Facebook.

Para pengguna yang ingin menggunakan Facebook Ads, dapat melakukan pengaturan, mulai dari penentuan audience, gender, umur, hingga domilisi. Semua hal-hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan dan dimana saja iklan tersebut akan muncul nantinya.

Sederhananya, Facebook Ads digunakan oleh para pengguna Facebook untuk memasarkan produk/jasa mereka kepada pengguna Facebook maupun jaringan-jaringan terkait (seperti Instagram dan Messenger) lainnya.

 

Alasan Menggunakan Facebook Ads

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada banyak sekali platform pemasangan iklan yang tersedia saat ini. Tetapi kenapa Facebook Ads?

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi, mengapa Anda harus menggunakan Facebook Advertising sebagai platform pemasangan iklan pada bisnis Anda.

Alasan utamanya yaitu Facebook Ads memperbolehkan penggunanya untuk menargetkan audience berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi, hingga interest.

Selain itu, Anda juga dapat menargetkan orang-orang yang mengunjungi website atau berinteraksi dengan konten-konten Anda di Facebook. 

Disamping itu, Facebook merupakan salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Statisa.com merilis sebuah data yang menunjukkan pengguna aktif Facebook mencapai 1.98 miliar pada quarter ketiga di tahun 2022 lalu.

Dengan beriklan menggunakan Facebook Ads, maka kesempatan bisnis Anda dalam mendapatkan lebih banyak pengunjung akan semakin besar.

Secara garis besar, Facebook Ads memberikan keleluasaan dan fleksibilitas kepada para penggunanya dalam beriklan. Hal ini tentunya sangat menguntungkan dan memudahkan pengguna dalam membuat kriteria iklan yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

Baca Juga: Ini Dia Langkah-langkah Membuat Facebook Ads

 

Jenis Iklan di Facebook

Kini, Anda sudah memahami gambaran umum dan juga alasan mengapa harus beriklan menggunakan Facebook.

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari tentang jenis dan juga format yang ada pada Facebook Ads. Berikut ini beberapa jenis Facebook Ads yang umum digunakan oleh para pebisnis, diantaranya:

 

  1. Page Like Ads

Jika bisnis yang Anda miliki saat ini membutuhkan basis pelanggan yang baru dan besar, maka Page Like Ads merupakan pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan jenis satu ini, user engagement terhadap brand Anda dapat meningkat. Page Like Ads menyertakan iklan yang terhubung dengan halaman Facebook Anda, melalui CTA (Call to Action) berbentuk “Like Page”.

 

  1. Page Post Engagement Ads

Jika Anda telah memiliki basis follower yang besar di halaman Facebook yang Anda miliki, maka jenis iklan satu ini cocok untuk digunakan.

Page Post Engagement atau PPE memudahkan perusahaan dalam menyebarkan pesan atau post baru ke lebih banyak orang, di luar halaman Facebook yang Anda miliki.

Anda juga dapat memilih target demografis yang didasarkan oleh usia, minat, jenis kelamin, hingga lokasi. Artinya, pesan atau iklan yang ingin Anda sampaikan, akan tertuju pada orang yang tepat di waktu yang tepat juga.

 

  1. Website Conversions

Jenis yang ketiga ini berguna untuk mengetahui bagaimana sebuah kampanye iklan yang Anda buat, mempengaruhi keputusan akhir pengguna di website Anda sendiri.

Anda hanya perlu membuat iklan yang Anda inginkan, lalu buatlah sebuah pixel (kode khusus yang digunakan Facebook untuk melacak tindakan tertentu).

Nantinya, ketika kode/pixel tersebut dimasukkan ke dalam halaman registrasi, halaman checkout, ataupun halaman lain yang relevan, maka Facebook akan melakukan pelacakan terhadap tindakan yang dibuat oleh user.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui, apa tindakan yang diambil user, ketika melihat kampanye berita yang Anda buat tersebut.

 

  1. Click to Website Ads

Sesuai dengan namanya, Click to Website Ads memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan, gambar, maupun video yang unik dan menarik, dibarengi dengan tombol CTA yang sesuai.

Jenis ini dapat memudahkan Anda untuk menarik banyak orang sekaligus ke dalam situs website yang Anda miliki.

 

  1. App Install and Engagement Ads

Melalui jenis iklan satu ini, Anda dapat mengarahkan secara langsung user yang mengkliknya ke halaman instalasi ataupun pendaftaran.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan pelacakan terhadap tindakan yang diambil oleh audience setelah melihat iklan ini. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan aplikasi yang dibuat dengan audience yang ada.

 

  1. Offer Claim Ads

Jenis iklan satu ini tentunya sudah sangat familiar bagi Anda. Offer Claim Ads merupakan salah satu cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan para pelanggan yang sudah ada.

Namun, jenis iklan satu ini juga cocok digunakan untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada para calon pelanggan baru. 

Secara umum, Offer Claim Ads akan memudahkan Anda dalam menampilkan penawaran unik ataupun kode promo di dalam iklan yang Anda buat. Umumnya, CTA akan berbentuk seperti “Get Code” atau “Klaim Sekarang Juga!”.

 

  1. Video Views

Video Views Ads merupakan salah satu cara terbaik dalam meningkatkan engagement dengan para audiens dan page likes, melalui video yang unik dan menarik.

Caranya pun terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu memilih Video Views Objective pada halaman Facebook’s Ad Creation menu, lalu mengunggahnya di sana.

Nantinya iklan video akan muncul secara otomatis, setelah tim internal Facebook melakukan review terhadap video tersebut.

 

Selain jenis, terdapat juga beberapa format umum dari Facebook Ads, berikut ini beberapa format yang umum ditemukan:

 

  1. Image Ads

Image Ads facebook
Image Ads di facebook

 

Format satu ini tentunya merupakan format iklan yang paling umum ditemukan, hampir di setiap platform advertising. Selain mudah, format satu ini menampilkan iklan yang terbilang sederhana, namun tetap efektif.

Biasanya, format ini berisikan sebuah gambar diam dan juga caption yang mengarahkan ke pembelian atau CTA (Call to Action).

 

  1. Video Ads

Format umum yang banyak ditemukan lainnya yaitu Video Ads. Meski mirip, Video Ads biasanya cenderung lebih menarik perhatian dibandingkan Image Ads.

Lebih dari 1.25 miliar orang menonton video di platform Facebook setiap bulannya. Dan hampir separuh dari waktu tersebut, dihabiskan untuk menonton video.

Namun, Anda juga perlu memahami, bahwa membuat video iklan tidaklah mudah dan biasanya memerlukan biaya yang lebih besar dibandingkan iklan gambar.

 

  1. Poll Ads

Jenis selanjutnya yaitu Polling Ads, yang dimana dapat memudahkan Anda dalam membuat survey terhadap audiens yang menjadi target bisnis Anda.

Poll Ads sejatinya berguna untuk meningkatkan engagement rate dengan audiens atau pelanggan yang ada, sekaligus meningkatkan brand awareness kepada para pelanggan potensial.

Anda dapat membuat Polling Ads dengan menggunakan video maupun gambar. 

 

Format carousel sangat cocok digunakan untuk mempromosikan koleksi produk yang ada. Pada Facebook Carousel Ads, Anda dapat menampilkan hingga 10 gambar maupun video, dengan format yang bisa diklik oleh pengunjung/user. 

Setiap gambar atau video yang dibuat, dapat dikaitkan dengan unique link ataupun menautkan semuanya ke dalam satu link yang sama.

Anda dapat menyusun sendiri urutan gambar dan video yang ingin ditampilkan pada Carousel Ads ataupun membiarkan algoritma Facebook yang menentukannya.

 

  1. Lead Ads

Jika Anda memiliki rencana untuk meningkatkan list email yang ada, maka format Lead Ads merupakan yang terbaik untuk dipilih.

Hal ini dikarenakan, Lead Ads memudahkan proses pengumpulan dan pembuatan daftar email. Artinya, setiap prospek bisnis yang Anda miliki, dapat mengisi contact form dengan cepat dan mudah.

 

  1. Messenger Ads

Messenger Ads facebook
Source: medium.com by Felix Belau

 

Sesuai namanya, jenis iklan satu ini akan muncul di tab obrolan pengguna Facebook dan juga di Messenger Stories mereka.

Anda juga dapat mengatur, halaman tujuan dari setiap orang yang mengklik iklan Anda di tab obrolan tersebut, seperti ke website, aplikasi, halaman Facebook, ataupun percakapan langsung.

 

  1. Stories Ads

stories ads facebook
Stories ads facebook. Source: clipchamp.com

 

Format umum yang terakhir yaitu Stories Ads, yang belakangan ini sudah semakin populer dan digunakan oleh para pengiklan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Facebook, sebanyak 500 juta orang menggunakan stories Facebook, Messenger, WA, hingga Instagram setiap harinya.

Lalu ada 4 juta advertiser yang menggunakan Stories Ads untuk mempromosikan bisnis setiap harinya.

Terakhir, sebanyak 1 miliar stories yang dibagikan setiap hari di semua rangkaian aplikasi Facebook (Instagram, WA, Messenger).

Berdasarkan data di atas, tentunya Stories Ads merupakan salah satu format iklan yang tidak boleh Anda lewatkan.

 

Maksimalkan Pengelolaan Facebook Ads bersama Cassandra

Sekarang Anda sudah memahami apa itu Facebook Ads, alasan menggunakannya, jenis, hingga format yang ada di dalamnya. Dengan memilih jenis dan juga format Ads yang tepat, bisnis yang Anda miliki sekarang dapat meningkat dengan pesat. 

Meskipun begitu, masih banyak orang yang bingung atau bahkan tidak memiliki waktu dalam memanfaatkan Facebook Ads untuk meningkatkan bisnisnya.

Jika Anda adalah salah satunya, maka tidak perlu lagi khawatir. Anda dapat menyerahkan sepenuhnya proses pengelolaan FB Ads bisnis Anda ke Cassandra.

Cassandra dapat memudahkan Anda dalam mengelola Ads strategi yang Anda miliki, termasuk mengelola FB Ads dari awal hingga akhir.

Perumusan strategi dari jasa iklan facebook dari Cassandra merupakan strategi yang telah dianalisis untuk memberikan hasil yang maksimal bagi bisnis Anda.

Anda tinggal menerima hasil report dari setiap kampanye iklan yang Anda buat. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Tunggu apa lagi? Daftarkan sekarang juga dan tingkatkan bisnis Anda ke level yang lebih tinggi lagi bersama Facebook Ads dan Cassandra!

Demikian pembahasan mengenai Facebook Ads kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengetahuan dan bisnis Anda. Sampai jumpa di lain kesempatan!

 

Penulis: Geraldy Valentino

Post Tags : 

Share :