Januari 13, 2024

7 Contoh Footer Website Yang Memberi Kesan Menarik

Bagian
Contoh desain footer website

Ketika seseorang mengunjungi suatu situs web, banyak aspek yang mungkin menarik perhatian mereka. Namun, satu elemen yang sering kali diabaikan, tetapi memiliki dampak besar, adalah bagian bawah halaman atau yang biasa disebut sebagai footer.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai contoh footer website dan mengapa bagian pada website ini dapat memberikan kesan yang menarik bagi pengunjung situs.

 

 

Mengapa Footer Pada Website Penting?

Footer adalah bagian terakhir yang dilihat pengunjung sebelum mereka meninggalkan situs web Anda. Meskipun mungkin terletak di bagian terakhir, footer memiliki peran yang krusial dalam memberikan informasi tambahan, meningkatkan pengalaman pengguna, dan membangun kredibilitas.

Contohnya seperti pemberian informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telpon, email maupun alamat kantor.

Hal ini dapat menambahkan kredibilitas dan juga membantu menavigasi pengunjung website saat mereka ingin mencari informasi lebih lanjut.

Dengan memberikan perhatian khusus pada desain dan konten footer, Anda dapat meningkatkan retensi pengunjung dan meningkatkan konversi.

 

Baca Juga: Contoh Header Website yang Keren

 

Elemen-elemen Penting dalam Footer Website

Ada beberapa elemen yang terkesan wajib ada pada website kebanyakan. Berikut diantaranya.

 

1. Informasi Kontak

Informasi kontak seperti alamat email, nomor telepon, atau contact form bisa menjadi bagian penting dalam footer. Ini memberikan peluang kepada pengunjung untuk dengan mudah menghubungi Anda, yang dapat meningkatkan engagement.

 

Footer sering digunakan sebagai tempat untuk meletakkan link navigasi tambahan. Ini dapat mencakup link ke halaman-halaman penting seperti kebijakan privasi, terms and condition, atau halaman FAQ.

 

3. Sosial Media

Jika bisnis atau proyek Anda aktif di media sosial, footer dapat menjadi tempat yang ideal untuk menampilkan ikon dan tautan ke halaman sosial media Anda. Ini dapat membantu dalam membangun online communities dan meningkatkan eksposur merek Anda.

 

4. Optimalisasi untuk SEO

Footer juga dapat menjadi tempat strategis untuk meletakkan kata kunci dan tautan internal yang dapat membantu dalam optimasi mesin pencari (SEO). Pastikan untuk menyesuaikan teks anchor dengan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan peringkat website Anda.

 

5. Hak Cipta dan Informasi Legalitas

Penting untuk menyertakan hak cipta dan legalitas hukum di footer, memastikan bahwa website Anda berada dalam batas hukum dan memberikan perlindungan hukum yang diperlukan.

 

Baca Juga: Contoh Beberapa Website Perusahaan untuk Referensi

 

Contoh Footer Website Terbaik

Berikut adalah beberapa contoh footer website terbaik yang dapat memberikan inspirasi:

 

  1. Footer dengan Desain Minimalis

contoh footer website minimalis
Source: hadipranadesign.com

 

Footer dengan desain minimalis menjadi banyak pilihan para pemilik website saat ini. Seperti contoh di atas, salah satu website konsultan desain interior ini menyajikan tampilan yang terkesan clean, namun tetap mencantumkan informasi penting seperti kontak dan sosial media.

 

  1. Footer dengan Navigasi Lengkap

Contoh footer dengan navigasi
Source: airtable.com

 

Kemudahan navigasi juga menjadi pertimbangan dalam mengatur konten di dalam footer. Pilihan menu yang banyak seperti di atas dapat memudahkan pengunjung situs untuk mencari halaman tujuan berdasarkan kategori yang tersedia.

 

  1. Footer dengan CTA

Contoh footer dengan CTA
Source: avo.app

 

Bagian footer juga dapat menjadi tempat call to action agar pengunjung mengambil tindakan tertentu, seperti mendaftar ke platform, mengirim email dan juga mengambil kesempatan untuk uji coba (trial). Penulisan CTA harus dibuat semenarik mungkin agar user tertarik untuk mengklik tombolnya.

 

  1. Footer dengan Tagline Keren

Footer dengan tagline keren
Source: davidlubofsky.com

 

Values dari sebuah brand dapat tercemin melalui tampilan website mereka. Nilai tersebut bisa tercermin melalui tagline dan tak jarang ditempatkan di bagian footer website.

Seperti yang kita dapat lihat di website davidlubofsky.com, terdapat tagline di bagian footer yang mencerminkan nilai dari bisnis mereka, dan itu sangat memberi kesan yang baik.

 

  1. Footer Berisikan Kumpulan Foto

footer website dengan banyak foto
Source: bingingwithbabish.com

 

Terkadang, footer juga dapat didominasi oleh gambar atau foto-foto untuk memberi insight pada pengunjung website agar lebih paham mengenai brand atau figur yang terepresentasi pada website.

Contoh footer di atas adalah website dari seorang chef yang sering membagikan inspirasi tentang resep masakan dan juga perjalanan karirnya. Ini merupakan pilihan tepat sehingga audiens dapat lebih mengerti isi dari website tersebut.

 

  1. Footer Kreatif

footer website kreatif
Source: groupe.castoretpollux.com

 

Di industri kreatif, biasanya mereka memiliki style website yang tidak kaku dan tentunya, kreatif. Desain website para pelaku industri tersebut cenderung melawan ‘norma’ daripada website pada umumnya.

Ini dapat tergambar pada contoh footer di atas, di mana layout footer berbeda dari website lainnya dan sangat kreatif. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kelengkapan informasi dari website tersebut.

 

  1. Footer Website Interaktif

contoh footer website interaktif
Source: letude.group

 

Masih dari industri yang sama, footer pada website juga dapat ditampilkan secara interaktif. Seperti contoh di atas, yaitu website sebuah agency kreatif, menunjukkan bahwa footer-nya memiliki desain yang ‘next level’.

Dengan kursor yang mengambang di atas tulisan, maka tulisan tersebut akan bergerak sesuai tempat kursor berada.

 

Baca Juga: 10 Jenis Website, Apa Saja?

 

Kesimpulan

Dalam sebuah situs web, tidak boleh ada bagian yang dianggap remeh, termasuk footer. Melalui konsep dan desain footer website yang baik, Anda dapat memberikan kesan terakhir yang positif kepada pengunjung dan meningkatkan kredibilitas website Anda.

Ingatlah untuk selalu memperbarui footer dengan informasi terbaru dan relevan agar tetap efektif seiring waktu.

Dengan memahami pentingnya footer, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan menciptakan kesan yang tak terlupakan.

Itulah tadi pembahasan mengenai contoh footer website yang menarik. Semoga bermanfaat.

Author:

Post Tags : 

Share :