Header website berperan sebagai penentu, apakah pengunjung akan tetap melanjutkan exploring website Anda atau malah pergi dengan segera.
Dapat dikatakan, elemen website ini memberikan first impression bagi pengunjung website yang sedang berkunjung ke website Anda untuk pertama kalinya.
Tentunya Anda ingin memiliki header website yang menarik, bukan?
Kedatangan Anda ke sini sudah tepat.
Kali ini kami sudah merangkum 14 contoh header website keren dan unik yang bisa Anda jadikan inspirasi.
Simak selengkapnya di bawah ini!
Pentingnya Header dalam Sebuah Website
Header website dapat menentukan apakah pengunjung website ingin tetap bertahan di website tersebut atau malah meninggalkannya.
Hal ini dikarenakan, header menjadi elemen website pertama yang akan dilihat oleh para pengunjung website Anda.
Sehingga dapat dikatakan bahwa header pada web menjadi gambaran awal website secara menyeluruh.
Pastikan informasi yang akan Anda tampilkan di header website jelas dan menarik.
Perhatikan juga ukuran, warna, desain, hingga elemen apa saja yang dimasukkan di dalamnya,
Umumnya, di dalam sebuah header terhubung dengan CTA (call to action) ke halaman produk/jasa yang ditawarkan.
Dalam hal ini, header menjadi elemen penting untuk dapat meningkatkan conversion rate pada suatu website.
Baca Juga: Apa Saja Beda Blog dan Website?
Tips Memilih Header untuk Website
Berikut adalah beberapa tips untuk memilih header website yang sesuai dengan bisnis Anda.
Sesuaikan dengan Branding
Sebelum memilih header, pahami elemen-elemen branding bisnis seperti warna, logo, dan gaya visual yang digunakan.
Header harus konsisten dengan brand identity ini untuk menciptakan identitas yang selaras.
Fokus pada Tujuan
Header harus disesuaikan dari tujuan sebuah website.
Jika bisnis Anda adalah toko online, header harus menampilkan produk-produk unggulan atau tawaran diskon.
Jika Anda seorang profesional, header bisa berfokus pada informasi kontak atau tautan ke portofolio Anda.
Sederhana namun Menarik
Header yang terlalu rumit atau berlebihan tidak berdampak baik pada pengalaman pengunjung (user experience).
Pilihlah desain yang simple namun menarik agar pengunjung dapat dengan mudah memahami pesan yang ingin disampaikan.
Harus Responsif
Pastikan tampilan header dapat menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar, termasuk layar ponsel.
Hal ini penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik di semua perangkat.
Sertakan Informasi Kontak
Jika relevan, sertakan informasi kontak penting seperti nomor telepon atau alamat email di header.
Ini dapat memudahkan pengunjung untuk menghubungi Anda.
14 Contoh Header Website yang Keren dan Unik!
Berikut ini kumpulan contoh header website yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:
Header Hero Image

Header Hero Image merupakan header yang berisikan gambar berukuran besar yang berada di atas sebuah website, dan memiliki lebar yang menutupi seluruh bagian atas website.
Fungsi dari Header Hero Image sendiri yakni sebagai pandangan pertama tentang perusahaan ataupun penawaran/promosi yang sedang berlangsung.
Gambar yang ditampilkan pun bisa berupa gambar ilustrasi, produk, hingga tombol CTA.
Anda bisa melihat contoh dari Header Hero Image pada website resmi Xiaomi.
Baca Juga: 7 Contoh Footer Website yang Menarik dan Keren!
Header Simple & Clean

Salah satu perusahaan teknologi terbesar, Apple, menerapkan header website yang simple dan clean.
Header web Apple memadukan kesederhanaan dan fungsionalitas.
Dengan background putih bersih, logo Apple yang ikonik diletakkan di sisi kiri, sementara menu navigasi minimalis seperti Store, Mac, iPad, iPhone, dan lainnya tersebar di bagian tengah hingga kanan.
Contoh header ini mencerminkan modernitas dan juga ketegasan (menu produk yang to the point) dalam navigasinya.
Header Website Animasi

Header Animasi merupakan sebuah header website yang memiliki animasi atau bergerak.
Di era modern seperti saat ini, banyak website-website yang menggunakan tipe header satu ini, salah satunya yaitu Puyo.
Penggunaan Header Animasi pada website, selain sedang populer, dapat memberikan dampak lain.
Seperti membuat website lebih hidup, interaktif, unik, tidak monoton, dan pastinya lebih kekinian.
Header Transparan

Website perusahaan otomotif dan energi, Tesla, menerapkan header website yang transparan dan terkesan futuristik.
Transparan dalam hal ini bukan berarti kosong.
Background header-nya menggunakan foto hero produk mobilnya yang membuat website ini sangat menonjolkan prototipe produknya.
Header Carousel

Header Carousel merupakan jenis header website yang memiliki bentuk berupa slide show.
Artinya terdapat kumpulan gambar yang bisa Anda geser secara manual, ataupun bergeser secara otomatis.
Jenis header satu ini cocok digunakan pada website-website yang ingin menampilkan banyak informasi ataupun promo secara sekaligus.
Pengunjung hanya perlu menggeser kumpulan gambar tersebut untuk mencari informasi yang mereka inginkan.
Anda dapat melihat contoh dari Header Carousel ini di website Burger King.
Background Video

Header website tidak hanya selalu berbentuk gambar, foto, atau ilustrasi, tetapi bisa juga dalam bentuk video.
Keunggulan dari header berbentuk video yaitu dapat memuat informasi yang lebih banyak dan akurat.
Tak hanya itu, objek yang bergerak akan selalu lebih menarik perhatian, dibandingkan dengan objek yang diam saja.
Meskipun memiliki keunggulan, jenis header video juga memiliki kekurangan.
Yaitu dapat berpengaruh pada performa kecepatan website, terutama jika video yang ditampilkan berdurasi lama dan memiliki resolusi yang tinggi.
Website-website yang menggunakan jenis satu ini, umumnya ingin mendeskripsikan produknya secara lengkap, cepat, dan menarik di mata pengunjung.
Anda bisa melihat salah satu contohnya di website mobil pabrikan Korea, Hyundai.
Header Navigasi Produk

Header pada website Microsoft dirancang untuk menonjolkan berbagai produk mereka.
Navigasi semua produknya akan muncul setelah kita klik tombol “Semua Microsoft”.
Sementara komponen utama lainnya diisi dengan logo Microsoft di sisi kiri dan menu navigasi utama seperti Windows, Office, Surface, dan Xbox.
Header Parallax

Jika Anda ingin menonjolkan user experience yang baik di mata pengunjung website Anda, maka jenis Header Parallax bisa menjadi salah satu pilihan.
Berbeda dengan header animasi yang akan bergerak secara otomatis ketika user melihatnya, Header Parallax lebih menekankan pada perilaku pengunjung.
Artinya, header akan bergerak ketika user atau pengunjung website melakukan scroll ke bawah.
Anda dapat melihat contohnya pada website Plink.
Anda juga dapat menemukan jenis header satu ini di website perusahaan yang berbasis teknologi, seperti smartphone atau laptop.
Header Tipografi
Contoh header web ini sangat berhubungan erat dengan penataan huruf, kata, ataupun paragraf yang dibuat menarik.
Header tipografi lebih berfokus pada tulisan yang ada di dalam sebuah header website.
Umumnya kata atau huruf yang digunakan memiliki perpaduan yang unik dan mampu menarik orang-orang yang melihatnya.
Anda dapat melihat contoh header satu ini pada website Cassandra, salah satu digital marketing agency profesional yang dapat membantu bisnis Anda dalam menghadapi tantangan digital yang ada saat ini.
Berfokus pada USP (Unique Selling Point)

Tidak ingin terkesan basa basi dan ingin langsung ke tujuan dari bisnis Anda?
Mungkin contoh header USP cocok untuk Anda terapkan.
Header USP menekankan pada Unique Selling Point yang dimiliki oleh sebuah website dan pastinya harus menjawab kebutuhan yang dicari oleh pengunjung website.
Contoh sederhana dari Header USP dapat Anda lihat pada website Ahrefs, salah satu website tools SEO terbaik yang ada saat ini.
Berfokus pada CTA

Contoh header selanjutnya yaitu header website yang berfokus pada CTA (Call to Action).
Jenis header satu ini hanya menampilkan sedikit saja gambar, bahkan dalam kebanyakan kasus hanya berupa tulisan saja.
Karena poin utama dari header satu ini yaitu menonjolkan tombol CTA untuk para pengunjung website, agar melakukan suatu tindakan, misalnya memberikan email, melakukan call, subs, order, dan lain sebagainya.
Contoh header CTA dapat Anda lihat pada website Open AI atau Everywhereist.
Berfokus Pada CTA #2

Website lainnya yang menerapkan header call-to-action (CTA) adalah Dropbox.
Contoh header website ini memiliki background hitam yang dipadukan dengan aksen biru muda, menjadikannya terlihat modern.
Fokusnya header ini adalah pada CTA (call-to-action).
Seperti tombol “Sign In” dan “Sign Up” di sisi kanan, serta logo Dropbox yang sederhana di sisi kiri.
Header Sticky

Header sticky memiliki arti bahwa header akan selalu menempel mengikuti pergerakan user di dalam website tersebut.
Hal ini sangat berguna bagi pengunjung, karena memberikan kemudahan navigasi, terutama jika user ingin berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lainnya.
Contoh dari Header Sticky ini dapat Anda lihat pada website Slack, Mailchimp, dan website e-commerce seperti Tokopedia.
Baca Juga: Berapa Rincian Biaya untuk Membuat Website?
Berfokus pada Konten

Mudahnya, contoh header web ini menjadikan konten-konten yang mereka miliki sebagai komponen utamanya.
Biasanya, Anda akan menemukan jenis satu ini pada website-website media online, seperti Asumsi, IDN Times, Bloomberg, hingga New York Times.
Baca Juga: Pelajari Apa Itu Website Dinamis dan Statis
Demikianlah pembahasan mengenai 14 contoh header website yang terbaik, keren, yang bisa Anda jadikan referensi untuk website Anda sendiri.
Pastikan Anda memiliki jenis yang cocok dan menggambarkan website Anda secara keseluruhan, ya!