Juni 10, 2023

10 Contoh Header Website yang Keren dan Unik!

Bagian
macam header website

Dalam membuat atau mengembangkan sebuah website, tidak hanya hosting, domain, jenis, ataupun desain website yang harus diperhatikan, tetapi juga header website.

Tak hanya penting, header website juga memiliki fungsi yang cukup krusial di dalam sebuah website.

Yakni sebagai penentu, apakah pengunjung akan tetap melanjutkan melihat website Anda atau malah pergi setelah melihat header website yang Anda miliki.

Dapat dikatakan, peran dari header website sendiri yakni sebagai pemberi kesan pertama atau first impression bagi para pengunjung website yang sedang berkunjung ke website Anda untuk pertama kalinya.

Tentunya Anda ingin memiliki header website yang menarik, bukan? Kedatangan Anda ke sini sudah tepat.

Kali ini kami sudah merangkum 10 contoh header website keren dan unik yang bisa Anda gunakan di hampir semua jenis website.

Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Pentingnya Header dalam Sebuah Website

Sebelum kita menuju ke dalam list-listnya. Ada baiknya Anda memahami terlebih dulu pentingnya header di dalam sebuah website.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, header website dapat menentukan apakah pengunjung website ingin tetap bertahan di website tersebut atau malah meninggalkannya.

Hal ini dikarenakan, header menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh para pengunjung website Anda. Sehingga dapat dikatakan bahwa header menjadi bagian yang menggambarkan website secara menyeluruh.

Pastikan informasi yang akan Anda tampilkan di header website jelas dan menarik. Perhatikan juga ukuran, warna, desain, hingga ukuran dari header website itu sendiri.

Umumnya, di dalam sebuah header terhubung dengan CTA (call to action) ke halaman produk/jasa yang ditawarkan.

Dalam hal ini, header menjadi elemen penting untuk dapat meningkatkan conversion rate yang ada pada suatu website.

 

Baca Juga: Apa Saja Beda Blog dan Website?

 

Tips Menentukan Header untuk Website

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih dan menentukan header website yang sesuai dengan bisnis Anda.

 

  1. Sesuaikan dengan Branding

Sebelum memilih header, pahami elemen-elemen branding bisnis seperti warna, logo, dan gaya visual yang digunakan. Header harus konsisten dengan branding ini untuk menciptakan identitas yang selaras.

 

  1. Fokus pada Tujuan

Header harus disesuaikan dari tujuan sebuah website. Jika bisnis Anda adalah toko online, header harus menampilkan produk-produk unggulan atau tawaran diskon.

Jika Anda seorang profesional, header bisa berfokus pada informasi kontak atau tautan ke portofolio Anda.

 

  1. Sederhana namun Menarik

Header yang terlalu rumit atau berlebihan tidak berdampak baik pada pengalaman pengunjung (user experience).

Pilihlah desain yang simple namun menarik agar pengunjung dapat dengan mudah memahami pesan yang ingin disampaikan.

 

  1. Harus Responsif

Pastikan tampilan header dapat menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar, termasuk layar ponsel. Hal ini penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik di semua perangkat.

 

  1. Sertakan Informasi Kontak

Jika relevan, sertakan informasi kontak penting seperti nomor telepon atau alamat email di header. Ini dapat memudahkan pengunjung untuk menghubungi Anda.

 

10 Contoh Header Website yang Keren dan Unik!

Sekarang Anda sudah mengetahui kegunaan dan juga pentingnya sebuah header di dalam sebuah website.

Berikut ini 10 contoh header website yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih header yang tepat, di antaranya:

 

  1. Header Hero Image

contoh header website hero xiaomi
Xiaomi

 

Pernahkah Anda berkunjung ke sebuah website, lalu pada halaman utamanya terdapat sebuah gambar berukuran besar yang berada di bagian atas situs website tersebut? Jika iya, itulah yang dinamakan dengan Header Hero Image. 

Umumnya, Header Hero Image merupakan sebuah gambar berukuran besar yang berada di sisi atas sebuah website, dan memiliki lebar yang menutupi seluruh bagian atas website.

Fungsi dari Header Hero Image sendiri yakni sebagai pandangan pertama tentang perusahaan ataupun penawaran/promosi yang sedang berlangsung.

Gambar yang ditampilkan pun bisa berupa gambar ilustrasi, produk, hingga tombol CTA.

Anda bisa melihat contoh dari Header Hero Image pada website resmi Xiaomi.

 

Baca Juga: 7 Contoh Footer Website yang Menarik dan Keren!

 

  1. Header Animasi

contoh header website animasi puyo
Puyo

 

Sesuai dengan namanya, Header Animasi merupakan sebuah header website yang memiliki animasi atau bergerak.

Di era modern seperti saat ini, banyak website-website yang menggunakan jenis header satu ini, salah satunya yaitu Puyo.

Penggunaan Header Animasi pada website, selain sedang populer, nyatanya juga dapat memberikan dampak lain. Seperti membuat website lebih hidup, interaktif, unik, tidak monoton, dan pastinya lebih kekinian.

 

contoh header website carousel burgerking
Burger King

 

Header Carousel merupakan jenis header website yang memiliki bentuk berupa slide show. Artinya terdapat kumpulan gambar yang bisa Anda geser secara manual, ataupun bergeser secara otomatis.

Jenis header website satu ini cocok digunakan pada website-website yang ingin menampilkan banyak informasi ataupun promo secara sekaligus. 

Pengunjung hanya perlu menggeser kumpulan gambar tersebut untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Anda dapat melihat contoh dari Header Carousel ini di website Burger King.

 

  1. Background Video

contoh header website video hyundai
Hyundai

 

Header website tidak hanya selalu berbentuk gambar, foto, atau ilustrasi, tetapi bisa juga dalam bentuk video.

Keunggulan dari header berbentuk video yaitu dapat memuat informasi yang lebih banyak dan akurat. Tak hanya itu, objek yang bergerak akan selalu lebih menarik perhatian, dibandingkan dengan objek yang diam saja.

Meskipun memiliki keunggulan, ternyata jenis header video juga memiliki kekurangan. Yaitu dapat berpengaruh pada performa kecepatan website, terutama jika video yang ditampilkan berdurasi lama dan memiliki resolusi video yang tinggi.

Website-website yang menggunakan jenis satu ini, umumnya ingin mendeskripsikan produknya secara lengkap, cepat, dan menarik di mata pengunjung. Anda bisa melihat salah satu contohnya di website mobil pabrikan Korea, Hyundai.

 

  1. Header Parallax

contoh header website parallax plink
Plink

 

Jika Anda ingin menonjolkan User Experience yang baik di mata pengunjung website Anda, maka jenis Header Parallax bisa menjadi salah satu pilihan.

Berbeda dengan header animasi yang akan bergerak secara otomatis ketika user melihatnya, Header Parallax lebih menekankan pada perilaku pembuka.

Artinya, header akan bergerak ketika user atau pengunjung website melakukan scroll ke bawah. Anda dapat melihat contohnya pada website Plink.

Anda juga dapat menemukan jenis header satu ini di website perusahaan yang berbasis teknologi, seperti smartphone atau laptop.

 

  1. Header Tipografi

contoh header website tipografi cassandra

 

Berbicara soal tipografi, tentunya sangat berhubungan erat dengan penataan huruf, kata, ataupun paragraf agar menarik bagi orang-orang yang melihatnya.

Header tipografi lebih berfokus pada tulisan yang ada di dalam sebuah header website. Umumnya kata atau huruf yang digunakan memiliki perpaduan yang unik dan mampu menarik orang-orang yang melihatnya.

Anda dapat melihat contoh dari jenis header satu ini pada website Cassandra, salah satu digital marketing agency profesional yang dapat membantu bisnis Anda dalam menghadapi tantangan digital yang ada saat ini.

 

  1. Berfokus pada USP (Unique Selling Point)

contoh header website cta ahrefs
Ahrefs

 

Tidak ingin terkesan basa basi dan ingin langsung ke tujuan dari bisnis Anda? Mungkin jenis header USP cocok untuk Anda terapkan.

Header USP menekankan pada Unique Selling Point yang dimiliki oleh sebuah website dan pastinya harus menjawab kebutuhan yang dicari oleh pengunjung website.

Contoh sederhana dari Header USP dapat Anda lihat pada website Ahrefs, salah satu website tools SEO terbaik yang ada saat ini.

 

  1. Berfokus pada CTA

header website cta openai
OpenAI

 

Jenis selanjutnya yaitu header website yang berfokus pada CTA (Call to Action). 

Umumnya, jenis header satu ini hanya menampilkan sedikit saja gambar, bahkan dalam kebanyakan kasus hanya berupa tulisan saja.

Karena poin utama dari header satu ini yaitu menonjolkan tombol CTA untuk para pengunjung website, agar melakukan suatu tindakan, misalnya memberikan email, melakukan call, subs, order, dan lain sebagainya.

Contoh header CTA dapat Anda lihat pada website Open AI atau Everywhereist.

 

  1. Header Sticky

header website sticky
Slack

 

Header sticky memiliki arti bahwa header akan selalu menempel mengikuti pergerakan user di dalam website tersebut.

Hal ini tentunya sangat berguna bagi User Experience, karena memberikan kemudahan navigasi bagi para pengunjung website, terutama jika user ingin berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Contoh dari Header Sticky ini dapat Anda lihat pada website Slack, Mailchimp, dan website e-commerce seperti Tokopedia.

 

Baca Juga: Berapa Rincian Biaya untuk Membuat Website?

 

  1. Berfokus pada Konten

header website konten asumsi
Asumsi

 

Jenis yang ke sepuluh, sekaligus menjadi jenis yang terakhir yakni header yang berfokus pada konten.

Mudahnya, jenis header konten ini, menjadikan konten-konten yang mereka miliki sebagai header utamanya.

Biasanya, Anda akan menemukan jenis satu ini pada website-website media online, seperti Asumsi, IDN Times, Bloomberg, hingga New York Times.

 

Baca Juga: Pelajari Apa Itu Website Dinamis dan Statis

 

Demikianlah pembahasan mengenai 10 contoh header website yang terbaik, keren, yang bisa Anda jadikan referensi untuk website Anda sendiri.

Pastikan Anda memiliki jenis yang cocok dan menggambarkan website Anda secara keseluruhan, ya!

Post Tags : 

Share :