Februari 22, 2023

Ingin Cek Kecepatan Website? Ini Dia Caranya Mudahnya!

Bagian
cara mengecek kecepatan website

Di zaman digital 4.0 seperti sekarang ini, kehadiran website di dalam sebuah bisnis merupakan hal yang sangat vital.

Selain menambah kredibilitas, website juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau jasa yang Anda tawarkan.

Jika diibaratkan, website berperan sebagai rumah bagi bisnis Anda, dan pengguna internet adalah pengunjungnya. Apa jadinya, jika rumah/toko dari bisnis Anda tersebut, sulit untuk dikunjungi oleh pengunjung?

Tentunya amat sangat merugikan, bukan?

Salah satu faktor yang membuat pengunjung tidak nyaman dalam mengakses website Anda, yakni kecepatan dari website itu sendiri.

Karena itu, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan mengenai cara mengecek kecepatan website dengan mudah dan akurat. Mari, simak penjelasannya di bawah ini!

 

 

Kenapa Kecepatan Website Sangat Penting?

Dilansir dari Neilpatel.com, 47% dari pengguna internet ingin halaman website yang mereka kunjungi dapat dimuat dalam waktu kurang dari 2 detik. 

Kemudian, 40% pengguna internet akan meninggalkan website yang memiliki waktu “load” lebih dari 3 detik.

Selain hal-hal di atas. Ada beberapa alasan yang menjadikan kecepatan merupakan hal yang vital bagi website bisnis.

 

  1. Mempengaruhi User Experience

 

user experience saat mengakses website

 

User Experience atau pengalaman pengunjung merupakan salah satu faktor yang vital di dalam sebuah website.

Waktu loading yang lama, dan response time yang buruk, dapat mempengaruhi User Experience pengunjung. Nantinya, pengunjung akan meninggalkan kesan yang buruk kepada website dan juga perusahaan Anda.

Tak hanya itu, User Experience yang buruk juga akan membuat pengunjung tidak betah berlama-lama di website Anda dan memilih pergi untuk mencari website yang lebih baik.

 

  1. Meningkatkan Tingkat Konversi

Poin yang kedua ini berhubungan erat dengan poin yang pertama. Artinya, jika User Experience buruk, maka tingkat konversi yang akan terjadi juga akan menurun.

Sebaliknya, jika User Experience pengunjung bagus, maka tingkat konversi yang terjadi akan semakin besar.

Pada tahun 2019, Unbounce melakukan melakukan survey, yang menyatakan hampir 70% konsumen mengakui kecepatan halaman mempengaruhi keinginan mereka untuk membeli dari online retailer.

Hal ini dialami juga oleh perusahaan besar, Mozilla. Dimana mereka mengalami kenaikan tingkat konversi sebesar 15.4%, setelah mengurangi waktu loading halaman website mereka sebanyak 2,2 detik.

 

  1. Bounce Rate

Bounce rate sendiri merupakan sebuah persentase user/pengunjung yang meninggalkan sebuah website, setelah hanya melihat satu halaman saja.

Meski terlihat sepele, namun dampak dari bounce rate ini cukup besar. Salah satunya dapat mempengaruhi reputasi website di mata search engine (dalam hal ini Google).

Salah satu penyebab terbesar dari bounce rate, yakni sebuah page atau halaman website, membutuhkan waktu yang lama untuk dimuat.

 

  1. Mempengaruhi Ranking di Search Engine

Kecepatan loading website merupakan salah satu metrik penilaian ranking di search engine. Hal ini dikarenakan, Google lebih memprioritaskan informasi yang relevan kepada pengguna dengan secepat mungkin.

Maka dari itu, performa website merupakan faktor penting di dalam search engine Google, terutama jika bagus ketika diakses dari smartphone (mobile).

Semakin cepat load website, maka akan semakin tinggi juga ranking website Anda di halaman search engine.

 

Baca Juga: Apakah Cookies dalam internet itu Bahaya?

 

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website?

Tentunya kecepatan website juga dipengaruhi oleh beberapa macam faktor. Berikut beberapa faktor yang umumnya mempengaruhi kecepatan web.

 

  1. Berat Halaman

Performa website sangat dipengaruhi oleh berat halaman. Itu artinya, semakin banyak sumber daya yang dibutuhkan sebuah website untuk memuat halaman, maka akan semakin lama juga waktu loadingnya.

Jumlah dari sumber daya tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti file Javascript yang besar, konten website banyak berisi video, file CSS yang besar, hingga gambar-gambar dengan resolusi tinggi.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu membuat website bisnis Anda seringan mungkin. Agar sumber daya yang dibutuhkan untuk memuat halaman website tidak besar, sehingga loading speed akan jauh lebih cepat.

 

Baca Juga: Apa Pentingnya Website Bagi Bisnis?

 

  1. Kondisi Internet/Jaringan

Selain dipengaruhi oleh website itu sendiri. Kecepatan loading juga dipengaruhi oleh jaringan atau internet pengguna.

Hal ini tentunya sudah menjadi alasan yang lumrah untuk ditemukan. Jaringan yang “lemot” atau lambat, tentunya akan memperlambat sebuah website untuk memuat segala isinya.

Meski hal ini di luar kendali pemilik website. Tetapi Anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan beberapa teknik, seperti minification, compression, dan CDN.

 

  1. Lokasi Server/Hosting

Faktor yang ketiga, sekaligus menjadi yang terakhir, yaitu lokasi dari server atau hosting yang dimiliki oleh website tersebut.

Semakin jauh jarak server/hosting website dari usernya, maka akan semakin besar juga waktu loading yang dibutuhkan. Maka dari itu, umumnya server website disimpan tidak jauh dari lokasi target pasarnya.

Tujuannya untuk mengurangi delay atau latency yang terjadi akibat dari jauhnya jarak antara server dengan user.

 

Bagaimana Cara Cek Kecepatan Website?

Lantas, bagaimana cara mengukur kecepatan sebuah website yang baik dan benar? Jawabannya, yaitu dengan menggunakan tools khusus.

Anda tidak perlu khawatir, sebab ada banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan di internet. Tak hanya itu, mayoritas dari tools tersebut bisa digunakan dengan mudah dan gratis.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka situs atau website dari tools yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, masukan nama website yang ingin Anda cek kecepatannya. Lalu, lihat bagian mana saja yang butuh perbaikan, berdasarkan hasil yang ditampilkan.

Catatan: setiap tools yang digunakan memiliki berbagai macam fitur yang berbeda-beda. Meski begitu, mayoritas tools pengecekan speed website, dioperasikan dengan cara di atas.

 

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Domain

 

Rekomendasi Tools Cek Kecepatan Web Gratis

Berikut deretan tools yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan website Anda secara mudah dan gratis, diantaranya:

 

1. Google PageSpeed Insights

PageSpeed Insights merupakan tools yang sudah banyak diketahui dan digunakan oleh para website developer profesional.

Tentunya tidak ada tools yang lebih baik dari tools yang dibuat dan dirancang oleh Google itu sendiri.

PageSpeed Insights akan menampilkan performa dari website Anda berdasarkan 4 metrik utama, yaitu performance, accessibility, best practices, dan SEO.

 

2. Pingdom

Rekomendasi tools gratis selanjutnya yaitu Pingdom. Di sini, Anda dapat melakukan pengecekan kecepatan website dari berbagai macam region, seperti dari Asia, Amerika Utara, Eropa, Pasifik, hingga Amerika Selatan.

Pingdom akan menampilkan berbagai macam indikator penilaian, seperti performance grade, page size, load time, hingga requests.

 

3. GTmetrix

Secara keseluruhan GTmetrix memiliki fungsi dan fitur yang hampir sama dengan kedua tools di atas. Bedanya, Anda bisa melakukan A/B testing dengan menggunakan tools ini.

Tersedia fitur re-test dan juga compare yang dapat berguna untuk membandingkan satu website dengan website lainnya. Fitur ini tentunya sangat membantu user yang ingin melakukan perbandingan antara dua website.

 

3. KeyCDN

Alternatif tools selanjutnya yaitu bernama KeyCDN. Tools satu ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan test kecepatan dari region yang berbeda.

Tetapi, selain bisa digunakan untuk cek kecepatan web KeyCDN juga bisa digunakan untuk melakukan test performance dan HTTP header.

 

4. WebPageTest

Rekomendasi tools yang terakhir yaitu WebPageTest, yang menawarkan segudang fitur menarik bagi para penggunanya.

Selain bisa mengkustomisasi region atau wilayah test. Anda juga dapat menentukan platform apa yang ingin diuji (seperti desktop atau mobile), lalu browser apa yang digunakan (seperti firefox, google chrome, microsoft edge, dsb).

Itulah pembahasan mendalam mengenai cara cek kecepatan website dengan akurat. Ternyata proses dan langkahnya tidak memakan waktu panjang dan sangat mudah untuk dilakukan.

Namun, jika Anda tidak ingin ribet, saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan website yang akan melakukan pengecekan kecepatan website di dalam paket penjualannya, seperti halnya Cassandra.id.

Melalui jasa pembuatan website kami, Anda tidak perlu lagi khawatir dalam memantau kecepatan website Anda. Karena, semuanya aktivitas tersebut akan dikelola secara profesional dan berkala.

Sehingga, performa website Anda akan selalu terjaga, baik di mata search engine, maupun di mata user/pengunjung. Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga!

Author:

Post Tags : 

Share :