September 10, 2023

Berapa Biaya Pembuatan Website Perusahaan? Ini Rinciannya

Bagian
Biaya pembuatan website perusahaan

Di era digital yang berkembang pesat seperti sekarang, memiliki website bukan lagi menjadi pilihan, tetapi menjadi kebutuhan esensial bagi sebuah perusahaan.

Hal ini dikarenakan website menjadi salah satu aspek penting dalam keberhasilan bisnis modern, terlepas seberapa besar atau kecilnya bisnis yang Anda miliki saat ini.

Mempunyai online presence yang kuat dapat membantu Anda mencapai lebih banyak pelanggan, meningkatkan visibilitas merek Anda, dan memfasilitasi interaksi dengan klien-klien potensial yang ada di luar sana.

Namun, yang menjadi pertanyaan yaitu, seberapa besar biaya pembuatan website perusahaan yang diperlukan? Apalagi jika standar yang Anda harapkan lumayan cukup tinggi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai rincian atau estimasi biaya yang umumnya diperlukan dalam membuat sebuah website perusahaan. Mari, kita menuju ke pembahasannya.

 

 

Mengapa Perusahaan Harus Memiliki Website?

Mungkin pertanyaan ini sering muncul di dalam benak Anda dan mayoritas pebisnis lainnya.

Setidaknya ada beberapa poin esensial yang menjadi alasan utama, mengapa sebuah bisnis atau perusahaan, harus memiliki sebuah website di era modern sekarang ini, diantaranya:

 

  1. Meningkatkan Kredibilitas

Satu alasan kuat mengapa perusahaan harus memiliki website adalah untuk meningkatkan kredibilitas mereka. 

Di mata konsumen modern, bisnis yang memiliki website dianggap lebih profesional dan dapat dipercaya. Sebuah website yang rapi, informatif, dan berfungsi dengan baik dapat memberikan kesan positif kepada pelanggan potensial.

 

  1. Akses Secara Global

Melalui internet, perusahaan dapat menjangkau pasar global. Sebuah website memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan di seluruh dunia, membuka peluang bisnis baru, dan meningkatkan ekspansi internasional.

Tanpa adanya sebuah website, sebuah bisnis atau perusahaan mungkin akan memiliki ruang lingkup bisnis yang sangat terbatas.

 

  1. Media Promosi 24/7

Website dapat dipergunakan sebagai alat pemasaran yang bekerja non-stop. Ia tidak pernah tidur dan selalu tersedia untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan potensial, bahkan saat Anda sedang tidak bekerja sekalipun.

Hal ini memberikan perusahaan keuntungan besar dalam meningkatkan visibilitasnya dan menjadi salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan.

 

  1. Interaksi dengan Pelanggan

Website memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan para pelanggan mereka. Melalui formulir kontak, live chat, atau bahkan forum komunitas, perusahaan dapat dengan mudah mendengarkan masukan dan pertanyaan pelanggan, memberikan dukungan, dan membangun hubungan yang lebih kuat.

Semakin erat ikatan yang terjalin antara perusahaan dengan pelanggan, maka akan semakin tinggi juga kepuasan, serta loyalitas yang dimiliki oleh para pelanggan Anda.

 

Baca Juga: Harga Pembuatan Website E-commerce

 

Rincian Biaya Pembuatan Website Perusahaan

Sebelum kita membahas mengenai rinciannya secara lebih mendalam. Pastikan Anda memahami, bahwa biaya yang dikeluarkan oleh setiap bisnis atau perusahaan akan berbeda-beda.

Hal ini bergantung pada skala bisnis yang dimiliki oleh bisnis tersebut, apakah kecil, menengah, ataupun besar. Berikut rincian dari masing-masing skala bisnis tersebut:

 

  1. Perusahaan Skala Kecil/UMKM

Umumnya untuk bisnis dengan skala kecil atau UMKM, biaya pembuatan websitenya tidak memakan biaya yang besar. Dikarenakan, website bisnis dengan skala kecil tidak memiliki kompleksitas yang besar, layaknya bisnis besar.

Bagian-bagian yang biasanya ada pada website perusahaan skala kecil, yakni informasi dasar bisnis, produk atau layanan yang dijual, contact form, blog (jika ada).

Selain itu bisnis skala kecil juga tidak membutuhkan banyak page di dalam websitenya, hal ini tentu akan mengurangi biaya yang dibutuhkan.

 

Berikut tabel rinciannya:

 

KomponenNominalKeterangan
Domain Rp150.000Anda bisa menggunakan domain yang umum digunakan oleh para pebisnis, seperti .com.
HostingRp478.000Anda dapat menggunakan shared hosting, dengan mengambil paket berjenis medium yang pas untuk bisnis skala kecil.
Jasa DevelopmentRp1.500.000Jasa development berhubungan dengan pengembangan website, seperti pembuatan desain dan juga halaman-halaman pada website.
TotalRp2.128.000Inilah estimasi total biaya yang harus Anda keluarkan untuk spesifikasi di atas.

 

  1. Perusahaan Skala Menengah

Sedangkan untuk perusahaan dengan skala menengah, penggunaan website sudah bukan lagi untuk sekedar dijadikan company profile saja, melainkan sudah digunakan untuk mendapatkan leads atau customer baru.

Tak hanya itu, sistem yang dibutuhkan di dalam website pun akan semakin banyak dan kompleks.

 

Berikut tabel rinciannya:

 

AspekNominalKeterangan
DomainRp200.000Gunakan domain TLD (Top Level Domain) seperti, .com, .co.id, .id, .net, dsb.
Cloud-HostingRp2.000.000Anda bisa menggunakan Cloud-Hosting untuk dapat menunjang kebutuhan website yang banyak dan kompleks.
Jasa DevelopmentRp3.000.000Semakin besar bisnis, maka semakin besar juga pengembangan website yang dibutuhkan.

Sekarang tidak hanya berfokus pada desain website saja, tetapi website juga harus teroptimasi dengan baik di search engine

Tema PremiumRp384.000Selain lebih terlihat profesional dan eksklusif, tema premium juga memiliki size yang cenderung lebih kecil, sehingga tidak membebani website.
Plugin PremiumRp500.000Fitur-fitur pada plugin premium tentunya lebih lengkap dibandingkan yang gratis.

Maka dari itu, penting untuk menggunakan plugin premium, untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda.

TotalRp6.084.000Berikut estimasi biaya yang harus Anda keluarkan untuk meminang spesifikasi di atas.

 

  1. Perusahaan Skala Besar

Perusahaan besar tentunya akan menjadikan website sebagai salah satu senjata utamanya dalam mencari, menarik, dan memuaskan pada pelanggannya.

Karena alasan-alasan tersebut, maka website bisnis yang mereka miliki, harus mampu menunjang hal-hal tersebut. Misalnya, memiliki fitur yang lengkap, desain yang menarik dan profesional, terintegrasi dengan berbagai sistem, serta teroptimasi dengan baik di search engine.

Hal ini yang membedakan website bisnis skala besar dengan menengah, bahkan kecil.

 

Berikut tabel rinciannya:

 

AspekNominalKeterangan
Domain TLDRp500.000Gunakan domain dengan ekstensi yang umum, seperti .com, .net,. Co.id, .id, dsb.

Pastikan juga nama domain singkat, mudah diingat, dan relate dengan bisnis Anda.

Cloud Hosting / VPSRp4.400.000Anda dapat menggunakan jenis hosting dari 2 pilihan ini. Jika Anda memiliki data yang besar, maka sangat disarankan untuk menggunakan VPS.
Jasa DevelopmentRp8.000.000Jasa development pada bisnis besar biasanya meliputi, pembuatan desain website yang profesional dan solid, optimasi search engine (SEO), serta pembuatan fitur-fitur backend.
Tema PremiumRp384.000Tema-tema premium dibutuhkan agar tampilan website dapat dikustomisasi sesuai dengan bisnis yang ada.

Selain itu, tema premium juga relatif lebih ringan dan tidak membebankan server ataupun website.

Plugin PremiumRp500.000Gunakan plugin-plugin yang dapat menunjang kegiatan bisnis. Misalnya, pengisian kontak, email, CRM, hingga pengoptimalan konten website.
Integrasi dengan pihak ketiga (3rd party)Rp2.500.000Bagi bisnis yang berhubungan dengan penjualan produk, maka integrasi dengan pihak ketiga sangat dibutuhkan. Contohnya, payment gateway, media sosial, dsb.
TotalRp13.784.000Inilah estimasi total pengeluaran yang harus Anda keluarkan untuk memiliki semua aspek di atas.

 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa biaya pembuatan website perusahaan ada pada kisaran 2-14 juta rupiah.

 

Baca Juga: Contoh Header Website yang Bisa Dijadikan Referensi

 

Percayakan Pembuatan Website Perusahaan ke Cassandra

Sekarang Anda sudah mengetahui gambaran atau estimasi harga pembuatan website perusahaan di tahun 2023 ini.

Perlu diingat kembali, harga di atas, tentunya bukanlah harga yang paten. Melainkan hanya gambaran umum dari setiap skala bisnis yang ada. Semuanya tergantung dari jenis bisnis, kebutuhan, dan juga keinginan pemilik website.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, hadirnya Cassandra Digital menjawab permasalahan dan kesulitan yang dialami oleh setiap pebisnis yang baru ingin membuat website profesionalnya pertama kali.

Mulai dari Rp2,9 juta, Anda dapat memiliki website profesional yang dapat menjawab kebutuhan dan keinginan bisnis Anda.

Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu khawatir dan pusing akan spesifikasi apa yang dimiliki oleh website Anda. Sebab semuanya sudah termasuk ke dalam jasa development, tema dan plugin premium, serta pemasangan sistem yang terintegrasi dengan pihak ketiga (3rd party).

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lihat informasi lengkapnya di sini.

Demikian pembahasan mengenai biaya pembuatan website perusahaan di tahun 2023. Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran dan kebutuhan Anda, ya!

Author: